Mau Makan Tetap Enak Walaupun Diabetes? Ini Tipsnya

Mau Makan Tetap Enak Walaupun Diabetes? Ini Tipsnya
Pencegahan DIABETES | "Halo...sahabat Diabetesi! Ingat...! Pola perencanaan makan untuk penyakit diabetes melitus atau kencing manis, dimulai dengan diet yang seimbang, yang meliputi karbohidrat, protein, dan juga lemak. Peran serta karbohidrat (ditemukan dalam gandum, buah, sayuran, susu, yoghurt, dan permen) sangat luar biasa untuk menghasilkan energi. 

Oleh karenanya, meski makan terlalu banyak karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah terlalu banyak, penting sekali bagi penderita diabetes untuk tidak menghilangkan makanan ini dalam diet. Lantas, bagaimana jika makan terlalu sedikit karbohidrat? Apakah membahayakan?

"Ya...!, hal tersebut akan "membahayakan" bagi kesehatan kita, karena dapat menyebabkan glukosa darah menjadi terlalu rendah. Untuk itu, konsumsilah jumlah karbohidrat yang sedang setiap kali kita makan, dengan asupan makanan yang seimbang antara protein dan lemak. Apabila semua itu dijadikan kebiasaan, maka akan membantu kesehatan Anda untuk menjaga glukosa darah dalam kisaran yang normal.

Berikut ini adalah beberapa tips atau kiat bagi penyandang penderita diabetes melitus yang bisa dimulai untuk merencanakan pola hidup yang sehat:


  • Batasilah asupan dan ukuran porsi dari makanan yang mengandung gula yang terlalu tinggi (jika bisa mengonsumsinya hanya 2 atau 3 kali dalam seminggu), seperti: 
        - Cookies, pai dan kue kering        - Jelly, selai, dan manisan
        - Es krim, yoghurt biasa dan beku, es buah
        - Permen
        - Madu
        - Sirup
        - Donat
        - Milkshake
        

Hindari sama sekali jenis makanan atau minuman seperti:

        - Minuman buah (kalengan atau terkonsentrasi), dan minuman yang                    bercampur  dengan buah-buahan kalengan dengan sirup yang begitu                 manis
         - Soft drink

Maka dari itu, sangat penting sekali agar supaya diperhatikan kiat-kiat berikut ini yang mana sangat berguna untuk kesehatan tubuh Anda dengan tetap ingin makan yang enak walaupun menderita penyakit diabetes melitus:

  • Konsumsilah Makanan Secara Seimbang
Setiap makanan harus mengandung karbohidrat dan protein. Ketika merencanakan menu makanan, pilihlah berbagai jenis makanan dari setiap kelompok makanan dan  ukuran yang sesuai dengan kebutuhan porsi makan Anda. Maka, makanlah tiga jenis makanan yang seimbang dalam sehari (dan makanan kecil di malam hari). 
  • Meningkatkan Asupan Serat
Makanlah banyak sayur-sayuran dan usahakan untuk mengkonsumsi buah, bukan jus buah. Pilihlah makanan roti gandum dan sereal. Ketika Anda melihat label makanan, carilah produk yang mengandung setidaknya 3 gram serat per porsi.
  • Usahakan Jangan Melewatkan Makan
Bukan merupakan ide yang baik bagi penderita diabetes melitus menghindari makan . Makanlah dengan jeda sekitar 4 hingga 5 jam.
  • Mengurangi Asupan Lemak
Kurangi asupan lemak dari susu, jeroan daging-dagingan, gorengan serta kuah sop kaldu berlemak.
  • Tetap Aktif
Periksa kondisi kesehatan dengan dokter sebelum memulai latihan atau saat program mulai berjalan. Agar kadar glukosa darah akan membaik jika Anda tetap aktif. 
  • Turunkan Berat Badan
Turunkan secara bertahap, jika Anda kelebihan berat badan, walau hanya sekitar 2,5 hingga 5 kilogram karena hal ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Janganlah buat diri Anda tersiksa dengan pembatasan pola makan dan gizi yang buruk. 
Perlu diingat sekali lagi, konsumsilah jenis makanan sehat yang sesuai dengan apa yang dokter atau ahli gizi Anda anjurkan dan sarankan. Untuk memperoleh kualitas hidup yang baik. Asupan makanannya harus yang baik, sehat dan higienis maka akan membantu kesehatan Anda.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:00

0 komentar:

Post a Comment