5 Langkah Pencegahan Diabetes Melitus

5 Langkah Pencegahan Diabetes Melitus
Pencegahan DIABETES | "Penyakit Diabetes Melitus, merupakan suatu penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Dan perlu sahabat Diabetisi ketahui..!, bahwa penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja dan tidak mengenal usia, tua maupun muda bisa terkena penyakit ini, dan penyakit diabetes melitus ini secara diam-diam mengggerogoti dari dalam bagian tubuh lainnya seperti ginjal, liver, jantung penderitanya dan bisa menimbulkan komplikasi yang sangat mematikan baginya. Atau istilah kerennya penyakit diabetes ini disebut dengan penyakit "The Silent Killer"
Walaupun obat penyakit gula atau diabetes ini sudah banyak tersedia, namun sebenarnya obat itu sifatnya hanya untuk mengendalikan gula darah dan tidak bisa mengobati penyakitnya. Oleh karena itu, sesungguhnya; “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. 

Berikut ini, adalah tips 5 langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gula darah atau "si kencing manis" ini. Diantaranya:

1. Tingkatkan protein dan lemak baik
Protein tidak hanya meningkatkan level energi tubuh tapi juga punya efek yang baik untuk kadar gula darah. Keuntungan lain bagi penderita diabetes dari mengonsumsi protein adalah membuat perut lebih lama kenyang. Itu sebabnya sangat dianjurkan untuk mengisi piring sarapan Anda dengan protein, karbohidrat kompleks dan lemak baik.

2. Kontrol karbohidrat
Terutama karbohidrat sederhana, di dalam tubuh karbohidrat akan cepat diubah menjadi gula sehingga dengan cepat manaikkan kadar glukosa. Itu sebabnya karbohidrat sederhana, seperti gula, sirop, madu, atau nasi dibatasi untuk diabetesi yakni tidak melebihi 10 persen. Sebagai gantinya, bagi Anda makanan untuk penderita diabetes, bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah atau pasta.

3. Gizi seimbang, makanan untuk penderita diabetes
Nasihat untuk mengonsumsi gizi seimbang bisa diterjemahkan dalam formula yang sederhana berupa rutin melakukan sarapan satu jam setelah bangun tidur, hindari perut kosong lebih dari empat jam untuk menjaga kadar gula darah tidak terlalu tinggi, serta konsumsi protein dan serat setiap kali makan.

4. Tingkatkan aktivitas fisik
Sebuah penelitian berskala besar di tahun 2002 menunjukkan bahwa olahraga ringan selama 30 menit bagi penderita penyakit diabetes setiap hari sudah cukup mengurangi risiko diabetes hingga 58 persen. Aktivitas fisik juga memiliki efek yang kuat dalam menormalkan kadar gula darah.

5. Kontrol gula darah anda
Bila Anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes atau mengalami obesitas, sebaiknya Anda mulai memeriksa kadar gula darah secara rutin. Ada kondisi yang disebut pradiabetes, yakni dimana kadar gula darah sudah melampaui batas normal namun belum mencapai batas diagnosis diabetes. Jika tidak ditangani dengan baik maka kondisi ini bisa berkembang menjadi diabetes dalam waktu 5-10 tahun.

Dengan menerapkan 5 langkah diatas untuk mengobati atau mencegah penyakit diabetes melitus diharapkan agar kandungan gula dalam darah bisa terkontrol.

Artikel Terkait:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:37

0 komentar:

Post a Comment