Kunyit Sebagai Tanaman Obat Mencegah Diabetes

Kunyit Sebagai Tanaman Obat Mencegah Diabetes
Pencegahan DIABETES | Suplemen yang mengandung senyawa dalam kunyit diketahui dapat membantu mencegah diabetes pada orang-orang yang berisiko tinggi, demikian menurut suatu percobaan secara klinis. 

Seperti yang dilansir Reuters Health baru-baru ini, para peneliti itu menemukan bahwa 
mengonsumsi kunyit dengan dosis harian selama lebih dari

sembilan bulan bisa mencegah kasus baru diabetes di antara orang orang yang disebut pradiabetes yakni mereka dengan kadar gula darah tinggi di atas normal yang dapat berkembang menjadi diabetes melitus tipe 2. Ini adalah jenis diabetes yang terkait dengan obesitas.

Penelitian laboratorium menyebutkan bahwa kunyit dapat melawan radang dan apa yang disebut sebagai ‘kerusakan oksidatif’ pada sel tubuh. Kedua proses ini diyakini menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk diabetes melitus tipe 2.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini diikuti oleh 240 orang pradiabetes dewasa Thailand yang secara acak ditugasi untuk mengonsumsi kapsul kunyit atau plasebo (kapsul terlihat identik tanpa bahan aktif).

Setelah sembilan bulan, 19 dari 116 konsumen plasebo mengidap diabetes melitus tipe 2 sementara hanya 9 dari 119 pasien pengonsumsi kunyit yang mengalami kasus serupa.

Para peneliti, dipimpin oleh Dr Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakornnayok, Thailand, melihat temuan sebagai suatu dukungan.

“Karena manfaat dan keamanannya, maka kami mengusulkan agar ekstrak kunyit dapat digunakan untuk terapi intervensi bagi penderita pradiabetes,” kata para periset itu.


***


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:03

0 komentar:

Post a Comment