Diet Yang Sehat Bagi Penderita Diabetes Melitus

Diet Yang Sehat Bagi Penderita Diabetes Melitus
Pencegahan DIABETESSalah satu hal yang bisa mempengaruhi kadar gula darah penderita diabetes melitus adalah makanan yang dikonsumsinya. Agar diabetes tetap terkontrol dengan baik, ketahui diet seperti apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang dengan diabetes.

Penderita diabetes melitus yang tidak dapat mengatur pola makannya dengan baik dan teratur, cenderung memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol. Jika hal itu terus menerus dibiarkan terjadi, maka dikhawatirkan ancaman berbagai macam penyakit komplikasi akibar kadar gula darah yang tidak terkontrol akan siap menyerang organ tubuh yang lainnya, seperti ginjal, jantung, liver dan yang lain-lainnya.

Sesungguhnya, tidak ada pantangan untuk orang dengan penderita penyakit "kencing manis", akan tetapi yang paling penting adalah bisa membatasi jumlah asupan makanan yang berkalori serta tetap mengonsumsi gizi yang seimbang," demikian ujar dr Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD dari Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

Lebih lanjut dr. Dante menjelaskan bahwa orang yang punya penyakit diabetes bukan sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang manis karena tubuhnya tetap membutuhkan gula, hanya saja penggunaan dan jenis gulanya yang harus diatur.


Meski demikian, bagi penderita diabetes melitus perlu membatasi asupan glukosa sederhana karena makanan ini memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi, sehingga cepat meningkatkan kadar gula darah, misalnya sirup dan gula pasir. Lebih baik pilihlah jenis makanan yang kadar indeks glikemiknya rendah misalnya sayur dan buah yang tinggi seratnya.


Sementara itu Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD dalam buku 'Diabetes? Siapa Takut!!' menuturkan untuk diet diabetesi atau orang dengan penyakit diabetes, harus melaksanakan 3J (Jadwal, Jumlah dan Jenis Makanan).


Ada beberapa jenis makanan yang harus dibatasi mengonsumsinya seperti nasi, roti, talas, sagu, mie, bihun, makaroni dan makanan lain yang terbuat dari bahan tepung perlu diatur jumlahnya, karena harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan.



Bagi penderita diabetes melitus, sebaiknya membatasi atau kalau mampu menghindari jenis makanan-makanan seperti berikut ini:

- Kue-kue yang manis seperti kue Tart
- Minuman ringan
- Susu kental
- Gula murni
- Buah kalengan
- Dodol, cokelat
- Sirup, limun
- Abon, dan dendeng

Sementara itu, dr Dante mengungkapkan peran serta dukungan dari keluarga sangatlah penting dalam membantu akan keberhasilan diet yang dijalani oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Untuk itu keluarga harus ikut dan berperan serta melakukan pola hidup yang sehat.

"Jangan membeda-bedakan makanan bagi penderita diabetes dengan yang tidak, karena bisa bikin orang yang terkena penyakit diabetes jadi tersiksa yang pada akhirnya malah membuat ia jadi jajan di luar," demikian ujar dr Dante yang juga praktek di RS MMC Jakarta.

dr Dante mencontohkan di masyarakat kadang ditemui ada orang tuanya misalnya, ayahnya yang menderita penyakit diabetes lalu istrinya membuat 2 jenis makanan yang berbeda yaitu makanan khusus untuk ayahnya dan makanan lain untuk anggota keluarga lain. Padahal jika anggota keluarga turut serta ikut melakukan pola makan yang sehat, maka sesungguhnya ia pun bisa mendapatkan keuntungan pula.

Dengan melakukan pola makan sehat, serta aktivitas fisik dengan olah raga yang teratur maka kadar gula darah yang dimiliki akan jadi terkontrol, sehingga bisa membantu orang dengan diabetes terhindar dari berbagai macam komplikasi.


***


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:28

0 komentar:

Post a Comment