Dengan Cokelat, Kerja Pembuluh Darah Diabetesi Dapat Diperbaiki

Dengan Cokelat, Kerja Pembuluh Darah Diabetesi Dapat Diperbaiki
Pencegahan DIABETES | Ada kabar baik untuk para penyandang penyakit kencing manis atau penyakit diabetes mellitus atau diabetesi. Riset yang dilakukan para ahli di Jerman menyimpulkan, secangkir minuman cokelat diyakini mampu memperbaiki kerja pembuluh darah pada diabetesi.

Para ahli dalam riset itu, memberikan tiga
cangkir minuman cokelat yang telah diformulasi secara khusus  setiap hari selama sebulan kepada diabetesi atau para penderita penyakit diabetes.

Dan hasilnya sangat menakjubkan, pembuluh darah mereka yang semula rusak berat, bisa berfungsi normal kembali.

Hal itu terjadi diduga berkat flavanol, salah satu zat aktif yang terkandung di dalam cokelat. Selain cokelat, zat antioksidan tersebut juga terdapat pada beberapa tumbuhan dan jenis sayur-sayuran seperti, buah-buahan, teh hijau, dan lain sebagainya. Beberapa studi lainnya juga telah mengungkapkan  manfaat dari flavanol untuk kesehatan.

Dalam studi itu, para peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, menggunakan cokelat yang telah diperkaya dengan flavanol. Dr Malte Kelm, yang memimpin riset mengatakan, flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitric oxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

”Pengidap penyakit diabetes melitus tipe 2, tentu boleh-boleh saja untuk mengonsumsi cokelat untuk gaya hidup sehat mereka, akan tetapi studi ini tidak bertujuan untuk mendorong diabetesi atau para penderita diabetes untuk mengonsumsi lebih banyak cokelat,” kata Kelm.

Dia menambahkan, riset tersebut  menunjukkan asupan flavanol mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi berupa gangguan kardiovaskuler pada diabetesi. 

***


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:15

0 komentar:

Post a Comment