Deteksi Diabetes Melitus Bisa Lewat Gigi dan Mulut

Deteksi Diabetes Melitus Bisa Lewat Gigi Dan Mulut
Pencegahan Diabetes | Pada umumnya seseorang yang terindikasi ada gejala penyakit Diabetes Melitus atau "kencing manis" bisa dideteksi. Namun demikian, apakah seseorang yang terserang penyakit diabetes melitus juga bisa dideteksi melalui kesehatan mulut dan gigi.

Komplikasi penyakit diabetes melitus bisa menyerang hampir seluruh organ tubuh. Salah satu gejala diabetes atau kencing manis yang paling mudah diamati adalah melalui mulut.

Kesehatan mulut yang buruk tidak hanya karena Anda malas menyikat gigi. Akan tetapi, bisa jadi akibat penyakit diabetes yang diderita.

Berikut tanda-tanda oral akibat meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh, seperti dilansir dalam Medicmagic.

Kerusakan gigi

Meningkatnya kadar glukosa akan memperburuk kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dengan cepat berinteraksi dengan makanan manis yang dikonsumsi, sehingga membentuk plak gigi.

Pembusukan gigi

Bagi penderita diabetes, tubuh kesulitan melawan bakteri karena penyakit ini menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, terjadi peradangan dan pembusukan gusi.

Mulut kering

Mulut kering menjadi tanda diabetes, karena berkurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan sariawan, nyeri, infeksi dan kerusakan gigi.

Infeksi jamur

Tingginya tingkat gula dalam air liur mendorong pertumbuhan jamur yang memicu terjadinya infeksi dan akan berkembang menjadi luka. Selain itu, jamur juga bisa menyebabkan luka pada lidah.



***
PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ ,Pinteres atau Linkedin) yang kami sediakan.
Tak lupa!, Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel Pencegahan Diabetes di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 
Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang bermanfaat dan menarik bagi Anda sehingga saya bisa mencari lagi informasi yang berguna seputar Diabetes Melitus lebih banyak lagi. Terimakasih :)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:06

0 komentar:

Post a Comment